Banyak blogger malas melakukan Optimasi SEO on page.
Miris...
Mereka berupaya membuat konten masuk ke halaman satu tapi malas melakukannya.
Tidak akan masuk ke halaman 1 kalau begitu.
Untung Anda bertemu dengan postingan saya yang ini.
Postingan ini akan membahas tentang SEO on page dari daun sampai akarnya.
...dan membantu Anda memasukkan konten Anda ke halaman pertama.
Optimasi SEO On page Itu.....
SEO On page adalah upaya peningkatan kualitas konten.
Jadi yang akan kita bahas di sini adalah upaya-upaya yang dapat kita lakukan untuk lebih unggul; optimasi-optimasi yang dapat menjadikan konten kita lebih bagus.
Oke mulai langsung.
1. Pakai Permalink yang Manis
Permalink adalah salah satu hal yang mempengaruhi peringkat konten di SERP.
Permalink ini dapat kita optimalkan dari dalam blog.
...jadi jangan heran permalink, jika banyak blogger dibingungkan dengan teknik optimasi SEO on page yang satu ini.
Sebelum Anda terlambat menyadari betapa pentingnya permalink bacalah panduan menentukan permalink konten.
Ada beberapa poin penting dalam mengoptimalkan permalink, antara lain:
- Buatlah permalink yang pendek dan manis.
- Letakkan keyword utama Anda di sana.
- Jangan pakai URL yang sulit dihafalkan dan diucapkan
Contoh: pedomane.com/p/i9kaa4sd
- Jangan pakai URL yang terlampau panjang, apalagi terpotong.
Contoh: pedomane.com/2016/05/cara-mudah-membuat-dirinya-suka-pada
2. Mulai Judul dengan Keyword
Judul juga merupakan salah satu faktor pemeringkatan artikel di SERP.
Pada beberapa kasus, konten dengan judul yang diawali dengan kata kunci berada di posisi yang baik.
Jika ingin unggul dari pesaing Anda lakukanlah hal ini.
Sebagai contoh,
Anda ingin unggul di keyword jual kulkas murah, maka tulislah kata-kata itu di awal judul.
Optimasi judul sederhana kan?
3. Modifikasi Judul Konten Anda
Banyak kasus di search engine ketika sebuah konten sudah di halaman pertama tapi judul mereka biasa-biasa saja, trafficnya tidak tinggi.
Kenapa tidak tinggi? Karena judul mereka biasa saja, hambar.
Anda harus pintar meracik kata-kata supaya pengunjung internet mau mengeklik tautan ke konten Anda.
Ingat: Judul adalah teknik optimasi SEO On page yang paling mempengaruhi pencari informasi.
Lebih lengkapnya baca panduan membuat judul yang menggugah selera.
4. Atur Heading Konten
Heading dapat Anda gunakan sebagai pertanda poin-poin penting dalam sebuah pos dan memperlihatkan struktur konten saat dilihat oleh robot google atau manusia.
Struktur konten itu memegang peranan penting terhadap User Experience dan optimasi SEO.
Di blogger sendiri terdapat 5 jenis heading, 1 dapat diatur di template dan 4 diatur ketika membuat konten.
H1 adalah Judul halaman
H2 adalah Heading
H3 adalah Subheading
H4 adalah Minor heading
H5 adalah Normal
Ukuran besarnya huruf-huruf yang Anda heading-kan bisa Anda atur di edit HTML template.
Hmm... Susunan heading yang benar, saat sedang berada di homepage, tag heading 1 adalah nama blog dan judul artikel menggunakan Heading 2.
Lalu hal itu berubah ketika masuk ke sebuah pos, H1 menjadi judul artikel dan H2 bisa Anda isi dengan judul blog, atau pun nama widget-widget.
Dalam sebuah halaman blog seharusnya hanya ada 1 buah heading.
H2, H3, H4, dan seterusnya terserah berapa jumlahnya yang penting H1-nya cuma 1..
5. Lengkapi Konten dengan Multimedia
Konten tanpa multimedia itu hambar.
Selain itu gambar-gambar atau grafik yang tersaji di artikel bisa membuat orang jauh lebih percaya dengan kita.
Untuk mencegah 2 hal itu, tambahkanlah paling tidak 1 gambar sebagai bukti tentang sesuatu yang Anda nyatakan...
...atau tambahkanlah gambar 1-2 gambar untuk menghibur pembaca agar tidak bosan.
Ini adalah optimasi SEO on page paling efektif untuk mempertahankan pengunjung.
6. Letakkan Keyword di 100-150 Kata Pertama
Kata kunci konten Anda harus muncul di 100-150 kata-kata pertama dari konten Anda.
Contoh penggunaan kata kunci dalam pertama 100 kata
Kita lihat bersama-sama, saya memakai teknik ini di salah satu saya.
Dan, kemungkinan besar Anda akan melihat gambar ini di SERP. ;)
Tapi banyak blogger malah mulai sebuah pos dengan intro berkelok-kelok panjang.
...dan meletakkan keyword yang dibidiknya jauh di bawah.
7. Pakailah Template Responsif
Di tahun 2015, google mulai mengedepankan situs-situs yang ramah terhadap segala gadget.
Dan saya sarankan mulai sekarang Anda memakai desain template yang responsif.
Selain menjadikan situs ramah terhadap search engine, desain responsif juga meningkatkan user experience.
Jika pengunjung senang membaca di blog Anda, Anda kan juga akan senang.
Baca panduan cara ganti template blogger untuk mengetahui apa yang perlu kau ketahui lebih lanjut mengenai template.
8. Pakailah Outbound Links
Salah satu teknik yang digunakan oleh praktisi white hat SEO, adalah memakai outbound link.
Outbound link adalah link yang keluar dari sebuah situs untuk menjelaskan sebuah konsep yang belum ada di situs tersebut.
Tidak memakai teknik ini merupakan salah satu kesalahan yang sering dilakukan orang di luar sana.
Kebanyakan mereka takut kalau diberi outbound link, blog yang dibuatnya akan ditinggalkan oleh pengunjung.
Itu salah.
Justru kebalikannya.
Selama outbound link relevan dengan konten yang sedang dijelaskan maka akan meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap blog Anda.
9. Maksimalkan Internal Linking
Internal linking adalah aset. Gunakan 2-3 di setiap pos.
Jika Anda ingin melihat contoh yang bagus tentang internal link, kunjungi dan periksalah Wikipedia.
Mereka menambahkan link internal di setiap kata kunci yang ada untuk setiap entrinya.
Jelas, mereka bisa menambahkan 50+ link internal per halaman karena mereka adalah Wikipedia.
Untuk Anda, saya menyarankan sebuah hal yang lebih sederhana.
...berikan 2-5 link ke konten lama setiap kali Anda mempublikasikan konten baru.
10. Tingkatkan Kecepatan Situs
Sebuah situs yang memiliki kecepatan muat yang cepat disukai oleh pembaca.
Karena pencari informasi butuh informasi secepat mungkin. Mereka tidak mau lama-lama menunggu.
Coba kita ambil contoh nyata saja,
Anda membuka sebuah situs, loadingnya lama sekali, lalu setelah Anda terbuka semuanya ternyata isinya tidak sesuai dengan yang dicari.
Pasti Anda kecewa kan? Sudah lama-lama menunggu ternyata yang Anda cari tidak ada.
Kekecewaan ini dapat diredam dengan mempercepat waktu muat situs Anda dan membuat konten yang berkualitas di blog Anda.
(Konten berkualitas dan kecepatan situs adalah optimasi SEO yang paling efektif.)
Oleh karena itu jika template Anda nampak terlalu berat untuk dimuat, segera ganti template blog Anda itu.
O ya. Untuk mengecek kecepatan muat situs Anda, bukalah page insight.
11. Pakailah LSI dari Google
LSI adalah susunan kata yang merupakan sinonim dari kata kunci. LSI ini disarankan oleh Google.
Sebagai contoh kita membuat konten tentang kerajinan tangan, kita menaburkan 8 keyword yang ada di LSI pada konten untuk optimasi SEO-nya.
Namun, saya sendiri tidak tergila-gila tentang LSI karena saya biasanya menulis konten yang panjang.
(Konten panjang meningkatkan kemungkinan bahwa Anda secara alami akan menggunakan LSI.)
12. Optimasi Multimedia di Konten
Setiap kali Anda menjadikan sebuah multimedia sebagai bagian konten, jangan lupa mengatur tag title dan alt-nya.
Agar robot crawler tau bahwa konten di situ ada sebuah gambar.
(Robot crawler tidak bisa melihat objek seperti gambar.)
Dan sebelum Anda meng-upload sebuah multimedia, jangan lupa untuk mengkompresnya dahulu agar tidak membuat berat pemuatan halaman.
Itu optimasi gambarnya.
13. Pakailah Widget Sosial Sharing
Penyebaran konten mungkin tidak menjadi salah satu aspek dalam cara optimasi SEO atau dengan kata lain Google tidak memperhatikan banyak share sebuah konten di media sosial.
Namun, dengan penyebaran konten melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Google+, dan LinkedIn bisa mendatangkan traffic baru bagi blog Anda.
Maka, janganlah malu untuk menempatkan tombol berbagi yang mencolok di situs Anda.
(Anda bisa menggunakan Sumo untuk membuat sosial sharing dengan mudah.)
14. Poskan Konten yang Lengkap
Ada sebuah pepatah "long is strong"
Apakah sebuah konten harus panjang?
Sebenarnya tidak, tapi konten yang lengkap biasanya lebih panjang.
Ini adalah data yang saya ambil dari SerpIQ.
Melalui grafik di atas kita melihat bahwa konten-konten yang berada di halaman satu, semuanya mengandung 2000 kata lebih.
Karena dengan artikel sepanjang itu, optimasi SEO-nya menjadi lebih ringan.
Untuk lebih tau bagaimana caranya untuk membuat konten yang lengkap dengan mudah baca panduan cara membuat konten.
Selesai!
SEO on page itu adalah upaya optimasi konten.
Jadi teknik-teknik ini berkutat pada pengoptimasian halaman blog dari dalam.
Jika kita unggul di sini, maka kita siap untuk menerima traffic yang tinggi.
Nah, kalau Anda memiliki pendapat mengenai optimasi SEO On page atau Anda memiliki pertanyaan mengenai hal ini, bagikan itu melalui kolom komentar di bawah.
Dengan senang hati saya akan menanggapinya.
Tapi jika Anda enggan, cukup bagikan konten ini ke sosial media Anda. ;)
Terima kasih.Labels: SEO