Apa yang Anda cari ketika menemukan sebuah layanan atau produk yang membuat Anda tertarik?
Ya benar, yang Anda cari pasti berapa harganya.
Di internet, jika Anda mencari berapakah harga sebuah produk atau layanan, Anda bisa mengunjungi halaman plans and pricing atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut halaman rencana dan harga pada situs tersebut.
(Ini tidak berlaku bagi web toko online)
Maka dapat kita simpulkan bahwa....
Halaman plans and pricing adalah sebuah halaman yang dibuat pada sebuah web bisnis dengan tujuan utama yaitu untuk menunjukkan harga suatu produk atau layanan dalam satuan tertentu.
2 fungsi utama halaman plans and pricing yaitu.....
Meyakinkan calon pembeli dan tempat menampilkan harga dengan perinciannya
Saya yakin, setelah Anda tertarik akan sebuah produk karena sebuah konten, pasti Anda ingin tau bagaimana sih caranya agar bisa mendapatkan produk itu.
Anda ingin tau informasi lengkap tentang cara pembelian, berapa harga per satuannya, atau siapa saja orang yang sudah mencoba produk itu.
Mas... Bagaimana cara membuat halaman plans and pricing?
Untuk Anda pengguna wordpress, pembuatan halaman ini dipermudah dengan adanya plugins. Beberapa plugins dapat Anda pakai dapat dilihat dalam konten ini.
Lalu blogger bagaimana mas?
Wah. Jujur saya tidak tau bagaimana caranya.
Karena blogger pada dasarnya dibuat bukan untuk digunakan sebagai blog 'bisnis', untuk blog bisnis biasanya menggunakan wordpress self-hosted karena kelengkapan pluginnya.
Jadi sebelum terlambat, segera alihkanlah situs bisnis Anda ke wordpress self-hosted.
Mas, apa saja ya mas yang harus ada pada halaman plans and pricing? Apa saja prinsip-prinsipnya?
Isi Halaman Plans and Pricing
Sebenarnya isi halaman ini bersifat opsional.
Anda bisa memvariasikan setiap aspek sesuai dengan keinginan dan niche bisnis Anda.
Tapi ada 4 hal yang jangan sampai hilang dari halaman plans and pricing.
1. Deskripsi Produk (Keunggulannya)
Di halaman plans and pricing harus ada aspek yang satu ini. Selain untuk mendeskripsikan produk, aspek ini dibuat untuk membuat produk Anda terlihat yang terbaik dari produk sejenis.
Sebagai contoh lihat contoh deskripsi produk ini.
|
Shopify pricing |
Dalam halaman tersebut shopify memilih kata Set up your store, pick a plan later.
Secara tidak langsung, kalimat ini menjelaskan bahwa layanan ini adalah layanan pembuat toko online.
Kalimat ini sangat pendek namun sudah mendeskripsikan produk atau layanan itu secara mendalam.
2. Orang-Orang yang Sudah Membicarakan Produk (Testimoni)
Ketika Anda ingin membeli sebuah barang baru, pasti Anda ingin melihat siapa sajakah yang sudah mencoba barang tersebut bukan?
Hal ini juga berlaku dalam dunia digital marketing.
Anda perlu membuat sebuah bagian yang berisi orang-orang yang sudah mencoba produk Anda, apa yang mereka katakan mengenai produk Anda.
Sebagai referensi coba lihat gambar berikut.
|
Yesware pricing |
Dalam bagian ini Yesware membuat kalimat yang sangat menggoda Here's what some of our 800.000 users are saying about us.
Angka 800.000 ini jika saya telan mentah-mentah memiliki arti bahwa Yesware telah memiliki pengguna sebanyak 800.000 orang.
...3 diantaranya memberikan review.
Jadi otomatis, saya berpikir,"sudah banyak orang yang mencoba produk ini dan mereka suka dengan produk ini. Saya akan mencobanya."
3. Harga Produk per Satuan
Bagian harga produk per satuan ini sangat penting.
Mari bersama kita ingat kembali, apa yang kita lihat ketika menemukan barang yang kita sukai?
Harganya bukan?
Tapi harga saja tidak cukup, kita pasti ingin tau apa yang akan kita dapatkan jika kita beli 2 atau 3 barang. Kurang lebih berpikir, "Apakah ada bonusnya jika beli lebih dari 1 barang?"
Sebagai referensi mari kita lihat gambar ini.
|
Surveymonkey pricing |
Dalam halaman tersebut ada 4 paket, yaitu basic, select, gold, dan platinum.
Di setiap paket pasti ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun ada 1 perbedaan mendasar yaitu semakin murah harganya semakin sedikit layanan yang diberikan, semakin mahal harganya maka semakin lengkap lanyanannya.
Anda bisa membuat tabel harga ini sesuai dengan kesepakatan perusahaan Anda. Usahakan Anda bermain-main dengan angka-angka satuan (Contoh: Rp.149.000)
4. Cara Pembayaran
Anda perlu membuat bagian yang menunjukkan bagaimana calon pembeli bisa membeli produk layanan bisnis Anda.
Anda bisa menuliskannya dengan kalimat atau cukup dengan gambar yang umum untuk menggambarkan alat pembayaran tersebut.
5. Tombol "Beli"
Sebisa mungkin Anda membuat tombol ini dengan mencolok dan berbeda.
Letakkan tombol ini di tempat-tempat strategis, ditempat-tempat yang paling bisa meyakinkan calon pembeli. Seperti di bagian atas halaman, di bawah tabel harga, di bawah bagian keunggulan produk, atau di bagian paling akhir halaman.
Anda bisa memvariasikan kata ini dengan kata yang cocok dengan produk Anda. Anda boleh bereksperimen dengan menggunakan kata-kata santai serta mengajak.
6. Bagian Hubungi CS
Anda perlu membuat tombol "hubungi" ini sebagai antisipasi jika ada yang ingin bertanya-tanya mengenai produk/layanan Anda.
Anda bisa menuliskannya sebagai huruf di halaman plans and pricing atau di tautkan ke halaman "hubungi kami".
Anda juga bisa bereksperimen mengenai hal ini. Entah itu pemilihan katanya, ataupun jenis bagian (halaman, teks, atau widget)
Kesimpulan
Ketika Anda membangun bisnis Anda di internet yang perlu Anda buat adalah konten.
Namun, jangan sampai Anda lupa membuat halaman plans and pricing yang yoii untuk situs bisnis Anda.
Jika Anda memiliki pernyataan atau pernyataan, Anda bisa mengemukakannya melalui kolom komentar di bawah.
Dengan senang hati saya akan menanggapinya. :)
Terima kasih.Labels: Bisnis