Ngeblog bukan Sekedar Update Artikel atau Konten

Ngeblog tidak melulu tentang update artikel
Selamat datang di konten curhatan.

Karena ini konten curhatan, mungkin Anda akan bosan sehingga ada baiknya saya memberikan 1 link yang mungkin lebih bermanfaat.

Apakah Blogger Harus Suka Internetan Berjam-jam?

Nah, bagi Anda yang masih berkenan membaca, maafkan saya jika saya egois sedikit. Hehehe.

Beberapa bulan terakhir, saya disibukkan dengan aktivitas ngeblog.

Selama itu pula saya melihat banyak orang yang "mencoba" menjadi berpengaruh di sebuah kelompok, namun tiba-tiba hilang.

Entah mengapa bisa begitu.

Saya merasa kalah ketika melihat mereka bisa menjaring lebih banyak orang daripada saya, dalam waktu yang singkat.

Namun, beberapa bulan berselang, orang itu hilang.

Lantas, seperti biasa, saya berpikir mengapa hal itu bisa terjadi.

Ada beberapa hal yang menjadi dugaan saya;
  1. Orang-orang itu memiliki sedikit motivasi,
  2. Fokus mereka hanya uang,
  3. Relasi yang dibangun semu (tidak sungguh-sungguh),
  4. Terlalu grusa-grusu,
  5. Tidak menikmati aktivitas ini sebagai "usaha sampingan",
  6. Merasa ditipu,
  7. Dan yang terutama, hanya fokus update artikel (dalam hal ini membuat artikel baru).

7 hal itu membuat mereka mudah sekali diterpa rasa bosan.

Sebagai manusia biasa, hal itu lumrah dirasakan. Saya pun sering merasa bosan ngeblog sehingga sering merasa newbie lagi.

Untungnya, ada banyak orang di sekitar saya yang terus menyemangati saya, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja sehingga saya masih aktif mengurus blog-blog saya.

Saya bersyukur mengenai hal itu.

(Dan untungnya lagi, saya tetap berpegang pada prinsip saya sejak awal. Tidak usah memaksakan untuk menambah artikel setiap hari karena blog ini adalah blog tutorial bukan blog berita)

Ada baiknya, Anda bersiap-siap dari sekarang mengenai apa yang harus Anda lakukan ketika 7 hal itu menerpa diri Anda sendiri.

Saya tidak bisa memberi banyak saran dan masukan.

Cuma satu kata saja.

SEMANGAT!

Labels: