16/06/2017

Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca, Calon Penulis Masuk

Cara membuat artikel menarik
Hari ini saya tertarik untuk membahas masalah artikel yang menarik.

...cara membuat artikel menarik yang enak dibaca.

Sebelum dilanjutkan, saya beritahu terlebih dahulu, di bawah tidak ada teknik SEO yang dibagikan.

Jadi, konten ini khusus bagi Anda yang ingin belajar membuat artikel yang menarik di niche Anda.

Membuat Artikel Menarik


Artikel adalah konten berupa teks.

Lalu, kenapa dibutuhkan artikel apalagi artikel yang menarik?

Karena artikel semacam ini mampu viral dan meningkatkan traffic.

Cara membuatnya sederhana. Anda hanya perlu bermain-main dengan kata-kata.

Anda harus mampu memainkan perasaan pengunjung, seperti yang sudah saya sebutkan dalam konten saya, prinsip konten viral.

Belum paham?

Baiklah saya jabarkan.

1. Berikan judul dan deskripsi yang menarik


Judul yang menarik untuk dibaca

Taukah Anda, judul yang baik itu adalah judul yang memuat subject, object, dan predikat yang jelas?

Tapi hal ini sering diacuhkan, karena dianggap tidak SEO Friendly (terlalu panjang).

Contoh judul dengan prinsip ini bisa kita lihat melalui artikel-artikel yang diterbitkan oleh Hipwee.

...atau bisa juga meniru gaya situs ini.

"3 Pekerjaan Ini Cocok Buat Kamu yang Doyan Keliling Dunia"

Lalu untuk deskripsi, isikan juga hal yang sama, sesuatu yang menarik.

Karena biasanya, selain membaca judul, para netter juga akan membaca deskripsinya.

Kalau deskripsinya menarik dan meyakinkan, pasti dibuka situsnya, kalau tidak menarik ya tidak akan dibuka.

Untuk permalink, yang penting bisa dibaca.

2. Berikan gambar thumbnail yang menggoda


Thumbnail menggoda

Saya rasa Anda paham tentang masalah ini.

Intinya, Anda hanya perlu mencari gambar yang cocok dengan artikel yang Anda angkat.

Pesan-pesan dari saya:

  • Berikan gambar beresolusi tinggi (kalau pengen SEO harus dikompres)
  • Berikan gambar yang tidak "murahan"
  • Berikan gambar yang sesuai dengan artikel
  • Jangan membohongi pembaca
  • Usahakan pakai gambar bebas lisensi
  • Mengenai ukuran, terserah pada Anda. (Sederhananya coba-coba sendiri; kalau saya lebih suka ukuran medium)

3. Buka dengan kalimat yang bagus


Pembukaan yang bagus

Pembukaan yang bagus adalah pembukaan yang mampu membuat pembaca melanjutkan men-scroll menuju inti artikel.

Dari semenjak saya mengenal internet, hanya sedikit situs yang mampu membuat pembukaan yang bagus dan membuat saya menggulir halaman.

...sisanya hanya basa-basi kesana-kemari.

Karena cuma basa-basi tidak jelas ujungnya, saya tidak pernah membaca pembukaan. Bosan.

Lantas bagaimana cara membuka artikel yang bagus?

Ada beberapa prinsip yang bisa Anda coba untuk membuka artikel, tapi Anda perlu belajar agar bahasanya pas.

Apa saja itu?

  • Pertanyaan yang membuat kepo
  • Pernyataan yang menggemparkan
  • Penjelasan singkat tentang inti artikel

Ingat: pembukaan jangan terlalu panjang, buka dengan memperhatikan prinsip konten viral, thumbnail jangan terlalu besar sehingga pembaca langsung membaca kalimat pembukaan artikel.

...agar bounch rate-nya turun.

Contohnya bisa dilihat di artikel-artikel blog ini.

4. Ini soal intinya


Berikan isi yang menarik untuk dibaca

Anda perlu tau, ada banyak orang yang butuh sesuatu selalu bertanya ke Google.

Dan karena saya sudah tau, yang membuat jawaban-jawaban mereka adalah para blogger, saya menjadi tidak terlalu simpatik untuk bertanya ke Google.

Karena banyak artikel yang sudah ada di halaman pertama membuat kecewa.

Isinya panjang tapi cuma mbulet-mbulet mengejar keyword.

(Salah satu alasan saya terjun ke dunia blogging adalah untuk sedikit mengubah kesan, apa yang ketemu di Google adalah jawaban FINAL dan bisa DIPERCAYA)

Saran-saran dari saya antara lain:

  • Berikan data dan fakta
  • Jangan buat artikel bertema sama dengan cara penyampaian yang sama
  • Artikel tidak harus panjang yang penting sampai titik
  • Gunakan kata "Saya" dan "Anda" atau sejenisnya agar lebih akrab.

5. Tutup dengan sesuatu yang berkesan


Kalimat penutup yang bagus

Banyak artikel di luar sana yang tidak ditutup dengan kesan yang WAH.

Itu lubangnya.

Ketika tidak bisa mencapai puncak di bagian akhir, Anda sia-sia membuat artikel.

(Hal ini tidak berlaku bagi situs berita karena situs berita harus netral)

Sebenarnya, Anda sudah tau prinsip ini di poin ke-3. Tinggal dibalik saja.

Jika di awal memberi pertanyaan di akhir memberi jawaban, jika di awal memberi pernyataan di belakang berilah pertanyaan, jika di awal sudah ada penjelasan maka akhiri dengan pertanyaan seperti "Apakah sudah jelas?"

Bonus: Berikan Call-to-Action dengan kalimat semacam ini "TOLONG BAGIKAN GAN!" agar makin banyak yang tertarik. :)

Ayo Mulai Buat!


Sekarang, Anda sudah tau bagaimana caranya membuat artikel menarik untuk dibaca.

Ada baiknya Anda menyebarkan kebaikan ini agar orang-orang seperti saya tidak semakin banyak.

Selamat berjuang menyeimbangkan SEO dan kemenarikan artikel. :)

Tapi kalau ada pertanyaan, silakan ditanyakan. Saya akan menanggapinya.

...dan kalau ada pernyataan, saya akan berterima kasih atas tanggapan Anda itu.

Terima kasih.

28/05/2017

Ngeblog bukan Sekedar Update Artikel atau Konten

Ngeblog tidak melulu tentang update artikel
Selamat datang di konten curhatan.

Karena ini konten curhatan, mungkin Anda akan bosan sehingga ada baiknya saya memberikan 1 link yang mungkin lebih bermanfaat.

Apakah Blogger Harus Suka Internetan Berjam-jam?

Nah, bagi Anda yang masih berkenan membaca, maafkan saya jika saya egois sedikit. Hehehe.

Beberapa bulan terakhir, saya disibukkan dengan aktivitas ngeblog.

Selama itu pula saya melihat banyak orang yang "mencoba" menjadi berpengaruh di sebuah kelompok, namun tiba-tiba hilang.

Entah mengapa bisa begitu.

Saya merasa kalah ketika melihat mereka bisa menjaring lebih banyak orang daripada saya, dalam waktu yang singkat.

Namun, beberapa bulan berselang, orang itu hilang.

Lantas, seperti biasa, saya berpikir mengapa hal itu bisa terjadi.

Ada beberapa hal yang menjadi dugaan saya;
  1. Orang-orang itu memiliki sedikit motivasi,
  2. Fokus mereka hanya uang,
  3. Relasi yang dibangun semu (tidak sungguh-sungguh),
  4. Terlalu grusa-grusu,
  5. Tidak menikmati aktivitas ini sebagai "sampingan",
  6. Merasa ditipu,
  7. Dan yang terutama, hanya fokus update artikel.

7 hal itu membuat mereka mudah sekali diterpa rasa bosan.

Sebagai manusia biasa, hal itu lumrah dirasakan. Saya pun sering merasa bosan ngeblog sehingga sering merasa newbie lagi.

Untungnya, ada banyak orang di sekitar saya yang terus menyemangati saya, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja sehingga saya masih aktif mengurus blog-blog saya.

Saya bersyukur mengenai hal itu.

(Dan untungnya lagi, saya tetap berpegang pada prinsip saya sejak awal. Tidak usah memaksakan untuk update setiap hari karena blog ini adalah blog tutorial bukan blog berita)

Ada baiknya, Anda bersiap-siap dari sekarang mengenai apa yang harus Anda lakukan ketika 7 hal itu menerpa diri Anda sendiri.

Saya tidak bisa memberi banyak saran dan masukan.

Cuma satu kata saja.

SEMANGAT!

29/04/2017

Alat untuk Meningkatkan Posisi Artikel [Studi Kasus Forum]

cara memanfaatkan forum untuk konten blog
"Jangan remehkan forum."

Itu adalah rahasia terbesar saya mengenai cara meningkatkan traffic.

...dan mendompleng posisi artikel di SERP.

Berkat konten-konten yang saya poskan di forum, saya mendapatkan beberapa keuntungan. Antara lain:

  1. Backlink
  2. Jaringan dan koneksi
  3. Pengunjung baru
  4. Inspirasi
  5. Kritik dan saran

5 hal itu mutlak dibutuhkan oleh semua blogger yang serius ngeblog. Tidak ada yang tidak.

Anda sudah tau sebelumnya?


Saya berikan bukti tentang apa yang sudah saya dapat dari forum.

...1 dari Bersosial dan 1 dari Medium (sebenarnya bukan forum, tapi samakan saja).
Alat meningkatkan posisi artikel
Posisi thread di Medium, script anti bom klik
cara memanfaatkan forum
Posisi thread di Bersosial, meembuat konten masuk halaman satu

Memangnya kenapa mas kalau bisa masukin thread di forum ke halaman satu Google? Apa untungnya bagi blog kita?

Mungkin konten yang saya buat di Medium tidak terlalu nampak hasilnya, tapi jika Anda melihat thread saya di Bersosial akan terlihat hasilnya.

...thread itu top 3 di kata kunci yang sama dengan konten saya.

WOW!

Padahal, saya tidak merencanakan thread itu untuk masuk ke halaman pertama dengan keyword "Cara membuat konten masuk halaman satu" tetapi "Membuat konten masuk halaman satu itu susah".

...beda jauh bukan?

Lantas pelajaran apa yang bisa kita ambil?

Benar.

Jika kita mampu mendongkrak posisi konten yang memiliki backlink ke situs kita, maka artikel kita juga akan terdongkrak posisinya di SERP.

(Konsep ini sama dengan prinsip link building piramid untuk blog zombie dan dummy.)

Mas, berarti ini Black Hat SEO dong?

Tidak. Ini bukan teknik aliran hitam. Teknik ini 100% adalah White Hat SEO.

Mas, bagaimana caranya memanfaatkan forum online dengan benar mas?

Cara Memanfaatkan Forum


Sebenarnya cara memanfaatkannya cukup sederhana agar bisa mendapat 5 keuntungan forum, kita tinggal balik aja.

Nggak paham mas.

Yah, baiklah. Saya jelaskan.

1. Buat konten mantap untuk backlink mantap


studi kasus forum

Sederhananya, buat konten yang bagus (seperti konten blog sendiri) di forum itu. Dengan catatan konten itu tidak memiliki target keyword yang sama.

Sebagai contoh:

Saya punya konten tentang Cara mencuci baju maka saya akan membuat konten Pentingnya mencuci baju.

Lha mas.... Konten itu kan bisa saya muat di blog saya sendiri... Kenapa harus di forum?

Di dunia ini, kita harus mau menukar emas dengan uang agar dapat beras.

Kalau kita tidak mau, kita akan mati.

Begitu juga dengan blog, kita harus mau menukar konten(plus traffic dari konten itu) dengan backlink agar dapat kebanggaan di SERP.

Catatan:

  1. Anda tidak perlu Fetch as Google thread. Itu sia-sia.
  2. Anda tetap perlu melakukan optimasi on page dan off page.
  3. Anda perlu menyesuaikan cara penyampaian konten (santai, kaku, guyonan, etc) sesuai forum.
  4. Anda harus membuat thread masuk halaman satu.
  5. Anda tetap harus riset keyword tapi soal persaingan tidak usah karena pasti ada yang mengomentari jika thread itu cocok dengan iklim forum.
  6. Soal backlink, usahakan menggunakan keyword konten. Contoh: Mencuci baju di-link-kan ke konten Cara mencuci baju.
  7. Dan yang terpenting, berbagilah dengan hati.

2. Layakkanlah diri Anda


cara meningkatkan posisi artikel

Jika ingin dapat jaringan dan koneksi, layakkanlah diri Anda.

Bangun image Anda otomotif banget kalau situs Anda soal otomotif.

Bangun image Anda petualang banget kalau situs Anda soal petualangan.

Saya yakin, jika Anda bisa menjadi orang yang selalu ngehits di dunia nyata kemungkinan besar ceritanya juga akan sama di dunia maya (dalam hal ini forum).

Catatan:

  1. Jangan lupa pancing mereka agar datang ke blog Anda.
  2. Jangan lupa pancing mereka agar memberikan backlink.
  3. Jangan lupa pancing mereka memberikan share ke konten Anda.

Kabar baiknya, 3 hal itu bisa dipancing dengan thread yang bagus.

3. Bersikap baiklah terhadap member lain


alat meningkatkan posisi artikel

Anda perlu bersikap baik terhadap member lain di forum itu.

Karena dengan Anda bersikap baik, mereka juga akan bersikap baik kepada Anda.

Makin banyak mereka yang telah menganggap Anda ada karena Anda bersikap baik akan terkonversi menjadi pengunjung situs Anda.

Saya yakin itu.

Dan ini juga termasuk branding situs Anda.

4. Berikan inspirasi


alat peningkat posisi artikel

Anda jangan hanya menunggu orang lain untuk memberikan inspirasi kepada Anda.

Anda harus mau memberi inspirasi terlebih dulu.

Ibaratnya berilah benang pada ikan dan orang-orang di forum akan memberi Anda kail supaya Anda berhasil memancing ikan.

Tidak usah minder dengan ilmu yang cetek.

Forum dibuat sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi.

5. Beri kritik dan saran


alat peningkat posisi artikel di SERP

Sama dengan poin 4, kita harus mengomentari yang lain dulu baru kita akan dikomentari.

Berikan pendapat terbaikmu tentang sebuah permasalahan, dan orang-orang di forum juga akan melakukan hal yang sama.

Dengan catatan, Anda jangan sampai sakit hati ketika diejek atau dibully karena suatu hal.

Saya juga sampai sekarang masih sering diejek dan dibully. Tapi tidak masalah.

Bonus


Sebenarnya tidak ada bonus, karena di atas sudah saya jelaskan semuanya. Tidak ada yang tidak.

Tapi, agar Anda makin paham saya akan ringkaskan 5 poin di atas menjadi satu kalimat pendek.

Buat thread dan berkomentarlah, nanti Anda akan mendapat 5 hal itu secara tidak sengaja.

Mas, pertanyaan terakhir, apa dengan alat ini saya bisa meningkatkan posisi artikel saya di SERP mas?

Bisa. Buktinya saya bisa. :)

Sekarang giliranmu!


Anda sudah tau bagaimana caranya memanfaatkan forum dengan tepat untuk membangun brand situs Anda.

Ingat:
Jangan remehkan forum.
Mas, forum yang bagus tu apa aja?

Silakan menuju ke konten daftar forum online.

Eits... Jangan buru-buru, bagikan konten ini baru pergi. :D

Mau bertanya? Mau berkomentar? Silakan.

Terima kasih.