Sunday, 19 June 2016

Peluang Usaha: Info Bisnis Sampingan Bermodal Kecil dengan Blog

Mencari uang dengan blog? Emang bisa dapat uang dari blog?

Jawabannya adalah Ya. Anda bisa cari uang memakai blog, ini adalah bisnis dengan modal kecil..

Hmm. Cari uang di zaman sekarang ini tidak harus jadi pegawai yang berangkat dan pulangnya diatur perusahaan.

Dengan Anda menjadi seorang blogger Anda bisa mendapatkan uang, sama seperti pegawai tersebut.

Soal nominalnya jangan anggap remeh.

Per bulan, Anda bisa mendapatkan uang jutaan bahkan puluhan juta hanya dari blog saja.

Siapa pun Anda, seorang blogger, seorang netter, seorang netizen, orang yang sukanya buka sosmed, orang yang sukanya baca-baca, orang yang hobinya browsing.

...Anda bisa mendapat uang melalui blog.

Tapi tunggu dulu!


Jangan buru-buru. Anda perlu tau 7 fakta ini jika ingin cari uang dengan blog.

1. Bukan jalan yang mudah


Banyak blogger pemula yang terjebak dengan kalimat "Ngeblog itu cepat menghasilkan uang".

Beuhh.. Mereka salah.

Coba Anda tanya para blogger yang sudah dapat uang dari blog.

Berapa hari, bulan, bahkan tahun yang mereka habiskan demi uang dari blog. Jelas bukan hanya semalam.

Tapi apakah waktu saja yang dikorbankan?

Jelas tidak. Tetap masih ada biaya yang harus dikeluarkan, relasi yang dikorbankan, kesehatan yang digadaikan, dan hal-hal pribadi yang lain yang harus mereka korbankan.

Jadi mulai sekarang, jangan bilang ngeblog itu mudah dan cepat menghasilkan uang.

2. 'Calon' uang = Visitor


Jika Anda berbisnis di dunia nyata (seperti jualan karpet), Anda perlu kedatangan calon pembeli agar produk Anda ada yang membeli.

Maka di dunia maya ini, Anda perlu kedatangan calon buyer (atau bisa kita sebut sebagai visitor/pembaca) agar produk Anda ada yang membeli.

Ya, konsepnya tetap sama. Anda perlu barang atau jasa yang ditawarkan, tempat untuk menawarkannya, serta calon pembeli atau buyer.

Jadi jangan kira, bisnis online itu tidak butuh calon pembeli atau pemakai jasa.

3. Anda harus paham dimana pasar Anda


Anda tau bukan, internet itu cakupannya seluruh dunia.

Untuk itu, Anda perlu sadar diri jika berniat menawarkan sebuah layanan atau produk di internet.

Jadi mulai dari yang lebih kecil dulu, jangan muluk-muluk.

Anda bisa memulai menargetkan bisa menguasai pasar di kota Anda.

...lalu bila sudah yakin, Anda bisa menargetkan bisnis Anda untuk menguasai pasar regional (provinsi) atau langsung nasional.

4. SEO itu penting.


Jika Anda berbisnis fisik (di dunia nyata), Anda bisa melakukan promosi seperti menyebarkan pamflet, poster, dan hal-hal sejenisnya.

Maka ketika berbisnis online, Anda harus melakukan promosi juga.

Bagaimana cara melakukannya?

Anda harus melakukan Search Engine Optimization (SEO).

Jika Anda tidak tau apa-apa soal SEO, silakan klik tautan ini belajar tentang SEO.

5. Jangan cuma fokus 'main' Google Adsense


Nah. Anda jangan cuma fokus dengan Google Adsense kalau Anda sudah pernah mendengarnya dan berniat berbisnis online dengan ini.

Karena apa?

Pendapatan yang Anda dapatkan tidak sebanding dengan apa yang Anda usahakan pada blog Anda.

Lebih baik, Anda mengkombinasikannya dengan yang lain. Seperti: meng-online-kan bisnis fisik Anda (Contoh: Jual Beli Burung).

6. Blog Gado-gado vs Blog Niche


Blog gado-gado adalah blog yang capur aduk. Apa pun dimasukkan ke sana.

Trafficnya memang besar sih, kalau Anda benar mengelolanya.

Namun, blog jenis ini akan susah mendapatkan visitor loyal seperti blog niche.

Alasannya...

Coba bayangkan. Ada blog A dan blog B.

Blog A adalah blog gado-gado yang isinya topik tentang komputer, UKM, SEO, tutorial karya seni dan blog B adalah blog niche tentang tutorial karya seni.

Ada seorang calon pembaca yang mencari konten tentang karya seni. Kira-kira yang dipilih blog A atau blog B?

Di dalam blog A, konten tentang tutorial karya seninya ada 10 konten sedangkan blog B punya konten tentang tutorial karya seni sebanyak 29 konten.

Kemungkinan besar, blog A akan kalah dengan blog B dalam niche tutorial karya seni di mata calon pembaca yang mencari info tentang karya seni.

7. Perlu konsistensi


Segala hal di dunia ini perlu konsistensi.

Kalau tidak konsisten mana bisa blog milik Anda menghasilkan uang.

Tetap semangat dan upgrade motivasi ngeblog Anda setiap hari.

Aihh.. Ternyata sama aja, nyari uang di dunia nyata dan dunia maya nggak ada bedanya....

Sekarang tergantung Anda, ingin lanjut mencari uang dengan blog atau berhenti di sini.

Jika Anda berniat untuk lanjut...

Silakan baca....

Info bisnis sampingan dengan menggunakan blog


Ilustrassi uang

1. Buka bisnis paid per review


Cara yang pertama yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan melakukan bisnis Paid per Review.

Apa itu Paid per Review?

Paid per Review adalah salah satu bisnis yang bisa dijalankan oleh seorang blogger. Caranya adalah dengan mengeposkan sebuah konten review produk.

Jadi besarnya pendapatan blogger berbanding lurus dengan banyaknya konten yang dibuat.

Anda bisa melakukan bisnis ini dengan 2 cara, cari orang yang mau direview produknya sendiri atau memanfaatkan situs-situs yang mempertemukan pemilik produk yang akan direview dengan blogger (atau broker).

Soal harga dan cara pengiriman bayarannya bagaimana, tergantung dengan kesepakatan Anda dengan pemilik produk yang Anda review (atau broker).

2. Ikut bisnis pay per click (PPC)


PPC, sebuah bisnis yang biasa dilakukan oleh blogger untuk dapatkan uang.

PPC adalah sebuah bisnis yang mengutamakan jumlah klik iklan atau link (iklan).

Jadi banyaknya uang yang didapatkan berbanding lurus dengan banyaknya klik iklan atau link.

Ada banyak layanan PPC yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari uang, namun saya menyarankan 4 ini saja,

  1. Google Adsense (Hosted dan Non-hosted)
  2. Infolinks (ada batas minimal visitor unik)
  3. Popcash
  4. Media.net (milik yahoo dan bing; khusus blog berbahasa inggris)

Perlu diingat. PPC ini memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi para publishernya.

Ikuti aturan-aturan itu; jangan melanggarnya jika Anda masih mau dapatkan uang.

3. Buka iklan mandiri


Bisnis iklan ini sederhana, tidak seperti iklan PPC.

Tidak ada proses daftar-review-terima.

Anda cuma perlu memiliki traffic (kalau bisa trafficnya tinggi).

Karena traffic menentukan harga iklan yang pantas untuk 1 iklan di blog. Semakin tinggi traffic maka bayarannya semakin besar.

Tertarik dengan bisnis ini? Anda cukup menyediakan tempat di blog Anda yang boleh dipasangi iklan, entah dalam bentuk banner atau text link ads.

Biasanya iklan semacam ini dipasang di mana saja mas?

Iklan-iklan mandiri bisa Anda pasang di tempat mana saja. Tergantung Anda dan pesanan pengiklan.

Namun biasanya, iklan mandiri di tempatkan di Header, Sidebar, dan/atau setelah konten.

Nah selain traffic, tempat diletakkannya iklan juga mempengaruhi harga; semakin mudah/sering iklan terlihat maka harganya semakin mahal.

4. Bergabung dengan afiliasi


Affiliansi adalah sebuah bisnis menawarkan barang toko online.

Contoh:
Kita buat konten yang berisi tentang penawaran produk tertentu dari toko online, lalu dalam konten itu kita beri link referall. Nah, link referall itulah yang merupakan "calon uang" kita.

Jadi, jika ada orang yang membeli produk melalui link referal kita, kita akan dapat uang dari program afiliansi yang kita ikuti.

Pendapatan yang kita dapat berbanding lurus dengan beberapa persen dari harga produk dikali dengan jumlah barang terjual.(Sesuai dengan ketentuan komisi tiap perusahaan/toko online)

Jadi kalau Anda membantu menawarkan barang senilai $10, terjual 10 buah, dan ketentuan komisinya adalah 50:50 maka Anda akan mendapatkan $50.

Beberapa situs yang menawarkan bisnis Afiliansi:

  • Commission Junction,
  • Amazon – produk fisik,
  • ClickBank – produk digital,
  • WarriorPlus, JVZoo – produk internet marketing,
  • CJ – berbagai produk dan layanan,
  • Rakuten Linkshare – berbagai produk dan layanan,
  • ShareASale – berbagai produk dan layanan,
  • Envato – produk untuk web developer dan desain grafis,
  • Toko Online Indonesia: Lazada, Bhinneka, Tokopedia,
  • Dll.

Yang ada affiliansinya cuma situs itu aja, mas?

Tidak. Sampai saat ini saya tidak tau dengan pasti situs apa saja yang ada affiliansinya.

Oleh karena itu, jika Anda ingin tau sebuah situs ada affiliansinya atau tidak, coba cari kata (ctrl+f) affiliansi atau affiliate.

5. Online-kan jasa Anda


Ya! Anda bisa menawarkan jasa Anda kepada orang lain melalui blog Anda.

Hal apa yang paling Anda kuasai dan orang lain tidak terlalu menguasainya, jadikan itu sebuah bisnis.

Beberapa referensi dari saya:

  • Kursus online berbayar,
  • Menjadi pembicara webinar (web seminar atau seminar di website),
  • Menjadi web developer,
  • Menjadi konsultan SEO,
  • Menjadi link builder,
  • Penerjemah dokumen,
  • Menjadi broker domain,
  • Menjadi web designer,
  • Menjadi app developer,
  • Menjadi tukang review game,
  • Menjadi seorang graphic designer (membuat logo, gambar, icon),
  • Social media manager,
  • Menjadi penulis artikel (content writer),
  • Forum poster,
  • Ojek online,
  • Kemampuan yang Anda miliki.

Dan ya, sesuaikan jasa ini dengan konten blog Anda. Ini dapat memperbesar rasio Anda terpakai.

Tentang bagaimana cara pembayaran dan berapa tarifnya itu tergantung dengan kesepakatan antara Anda dan pemakai jasa Anda.

6. Jual produk Anda secara online


Toko online

Ketika Anda tidak bisa meluangkan waktu untuk memberikan jasa, Anda bisa menjual produk melalui blog Anda.

Buka toko online (sama seperti Lazada, Bhinneka, OLX, Tokopedia, atau Blibli)

Produk-produk yang bisa dijual, antara lain....

  • Produk digital
    • Ebook,
    • Video,
    • Icon berlisensi,
    • Foto berlisensi,
    • Audio berlisensi,
    • Aplikasi berlisensi,
    • Template premium,
    • Plugin premium,
    • Game money khusus (seperti Gem dalam COC),
    • Layanan berbayar di website (seperti majestic),
    • Akun game,
    • Akun jejaring sosial,
    • Situs (jual-beli website atau blog).

  • Produk fisik
    • Buku,
    • DVD,
    • Kaset,
    • VCD,
    • Kerajinan,
    • Alat yang Anda pakai saat membuat sesuatu,
    • Merchandise,
    • Kaos,

Anda bisa menjualnya dengan berbagai cara; melalui broker, paypal, bank, pulsa, atau bahkan barter.

7. Sediakan membership premium


Caranya begini, Anda membuat sebuah konten rahasia lalu jika ada orang lain yang ingin melihatnya, mereka harus membayar terlebih dahulu (terserah Anda berapa nominalnya),

...ketika mereka sudah membayar, mereka bisa masuk ke ruang "pribadi" di blog Anda.

Bisnis ini bisa berjalan jika Anda sudah memiliki nama dan prestasi. Jadi jika Anda belum memiliki nama atau prestasi tidak akan bisa.

Mendapatkan uang dengan cara yang satu ini kerap digunakan oleh blogger-blogger lama yang sudah punya nama dan kredibilitas di dunia internet.

8. Ikuti kontes SEO


Jika Anda jago SEO, tidak ada salahnya blog Anda ikut kontes SEO.

Anda bisa mencari kontes SEO di internet.

Aturan-aturan kontes biasanya dijelaskan oleh penyelenggara kontes.

Sistematikanya: Anda buat konten sesuai aturan penyelenggara -> Poskan -> Konten di nomor 1 pencarian -> Menang -> Anda dapat hadiah.

Semangat!


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat blog Anda menghasilkan uang.

...caranya sudah saya sebutkan di atas.

Cuma... Anda perlu konsisten, tekun dan sabar.

Jika Anda memiliki pertanyaan dan pernyataan yang terkait dengan konten saya kali ini, Anda bisa menyampaikannya lewat komentar.

Atau jika Anda enggan untuk berkomentar, Anda tetap bisa membagikan konten saya ke orang terdekat Anda di jejaring sosial. ;)

Terima kasih.

19 komentar

Blog saya memang isinya gado-gado, karena menurut saya itu unik. Semoga aja dapat visitor yg setia. Jadi blogger sejati emang harus konsisten, hasil yg memuaskan perlu perjuangan.

trima kasih atas saranya cocok buat saya yang baru ngeblog nice post

Oke deh, kalau mau membangun blog gado-gado..
Masnya perlu usaha lebih supaya visitornya sayang sama blognya mas. Semangat! :D

Sama-sama mas..
Tetap semangat mas! hihi

jadi begitu caranya, ok kak saya akan cari visitor dulu baru masang semuanya :D

wahh gitu toh ternyata :) makasi bang!!

wah mantab nih infonya, itinya jangan mudah menyerah aja

Sip. Semangat ya mas. Semoga sukses kedepannya. :)

Sama-sama bang...
Semoga setelah ini abang paham betul mau ngapain... :)

Iya mas.. Dalam dunia blogging ini kalau mau cari uang juga sama di dunia nyata. Perlu usaha dan pantang menyerah.

wah bagus artikel nya thanks gan

Sama-sama mas, terima kasih atas sanjungannya... :)

Saya ingin coba cari uang dengan Toko online.Kira kira susah tidak ya

Soal cari uang lewat toko online itu bisa, cuma agak repot nanti diawalnya mas.

Barang yang dijual itu barang darimana ya mas?

Wiii emang keren banget kak kalo bisa menghasilkan dari blog hehe, tapi ya harus semangat di awal walaupun ga ada penghasilan dari blog

Kalo blog tentang travel jadi bagusnya nawarin jasa bikin trip ke suatu tempat wisata dong gan? Btw artikelnya sangat membantu

Ayo komentar.... :) Bagikan pengalaman Anda!
EmoticonEmoticon