06/07/2016

Cara Memilih Niche yang Tepat untuk Blog Baru

Cara memilih niche
Hai, calon blogger sukses. :)

Ketahuilah sebuah hal yang mungkin belum Anda pikirkan secara matang pada awal pembuatan blog.

Suatu hal yang dianggap remeh namun sangat memiliki efek vital bagi karier blogging Anda.

:/ Apa sih yang mas coba jelaskan?

Yang saya coba jelaskan di sini adalah betapa pentingnya menentukan niche di awal pembuatan blog.

Antara tidak tau bagaimana caranya menentukan niche dan males dikekang dengan niche.

Contoh niche antara lain adalah....

  • Blog Berita
  • Blog Olah raga
  • Blog Teknologi
  • Blog Entertainment
  • Blog Tips Blogging
  • Blog Bisnis Konvensional
  • Blog Bisnis Online
  • Blog Review Buku
  • Blog Review Film
  • Blog Jasa
  • Blog Trading Forex
  • Blog Affiliasi
  • Blog Kesehatan
  • Blog Konsultasi
  • Blog Sejarah
  • Blog Agama
  • Blog Game
  • Blog Template
  • Blog Anime
  • Blog Kartun
  • Blog Download
  • Blog Photography
  • Blog Pendidikan
  • Blog Privasi
  • Blog Curhat
  • Blog Politik
  • Blog Keuangan
  • Blog Opini
  • Blog Video
  • Blog Style
  • Blog Wedding
  • Blog Interior
  • Blog Investigasi
  • Blog Travel
  • Blog Motivasi

Mungkin sekarang Anda belum tau efek apa yang Anda dapat jika lupa menentukan niche.

Tapi percayalah dengan memilih niche yang tepat, karier blogging Anda akan terus tumbuh berkembang.

Lantas. Bagaimana cara mencari, menemukan, menentukan niche yang akan dipakai oleh sebuah blog?

Oke Anda tepat datang kemari, saya akan jelaskan ini dari awal dengan pelan-pelan. :)

Kita mulai.

Kenapa kita butuh niche?


Kita membutuhkan apa yang dinamakan dengan niche karena niche adalah jalan hidup blog kita.

Dengan tidak menentukan niche berarti Anda tidak punya tujuan blogging yang pasti..

Anda jadi tau mau menulis apa saja di dalam blog Anda apabila sudah punya niche.

Hmm.. Lalu jika dilihat dari sudut pandang pengunjung blog atau netter.

Kita harus punya niche, agar saya(pengunjung) tau blog Anda itu blog apa.

Agar ketika saya (pengunjung) mencari sesuatu hal yang ternyata Anda punya dengan lengkap, jelas, dan komplit...

...saya akan datang ke blog Anda.

Jadi sudah pahamkan mengapa Anda perlu niche blog?

  1. Sebagai jalan hidup blog,
  2. Menjadikan aktivitas blogging menjadi lebih terarah,
  3. Lebih tau konten apa saja yang perlu Anda buat,
  4. Mempermudah mengenalkan blog Anda karena Anda punya spesifikasi.

Cara mencari niche blog


Dalam mencari niche yang hendak Anda tentukan, ada beberapa opsi yang bisa Anda pakai. Antara lain:

1. Tanyakan pada diri sendiri


Merenunglah di tempat yang Anda suka.

Tanyakan pada diri Anda sendiri,

  • Apa yang saya minati?
  • Apa yang saya suka?
  • Obrolan apakah yang membuat saya antusias?
  • Kemampuan apakah yang saya miliki?

Terus tanya diri Anda dengan pertanyaan-pertanyaan yang sejenis dengan itu.

Catat setiap jawaban yang muncul di benak Anda pada kertas atau buku.

Jangan batasi berapa banyak pertanyaan yang Anda ajukan atau berapa lamakah Anda merenung.

Semua yang Anda tulis berpeluang sama besar untuk Anda pakai sebagai niche.

2. Lihat orang di sekitar


Jika Anda belum bisa menemukan ide coba perhatikan orang di sekitar Anda.

Anda bisa memperhatikan,

  • Teman sekolah
  • Keluarga
  • Tetangga

Perhatikan masalah apa yang dihadapi olehnya atau hal apa yang dapat membuat Anda tertarik dan Anda merasa bisa membantunya.

Catat semua hal yang Anda lihat dan rasakan.

Jangan batasi berapa jumlahnya..

3. Cari niche di search engine


Jika tidak ada orang yang bisa Anda perhatikan...

Anda bisa memanfaatkan internet dan search enginenya.

Anda bisa memakai search engine yandex, bing, yahoo, atau google untuk mencari sesuatu dengan menggunakan kata kunci yang terlintas dipikiran Anda.

Apapun itu, pasti itu adalah hal yang dapat membuat Anda tertarik dan antusias.

Tuliskan apa saja yang telah Anda temukan di search engine itu.

4. Cari di sosial media


Sosial media itu ada apa aja sih? Ada facebook, google+, twitter, instagram, path, pinterest, linkedin, dan banyak lainnya.

Anda bisa memanfaatkan mereka untuk mencari niche Anda.

Entah melihat-lihat beranda, memanfaatkan mesin pencari sosial media tersebut, atau bagaimana terserah.

Alasan saya menempatkan sosial media sebagai ladang mencari niche karena sosial media memiliki banyak orang yang haus akan informasi di sana.

Mereka banyak mengajukan pertanyaan antara satu dengan yang lainnya, dan terkadang tidak bisa dijawab.

Maka, tak ayal banyak iklan di sana yang memanfaatkan ketidaktauan mereka untuk meningkatkan rasio penjualan atau pemakaian jasa sebagai contoh ini....

Cara memilih niche

Manfaatkan ketidaktauan mereka untuk keuntungan Anda, ambil itu dan jadikan niche.

Apa yang kita lakukan setelah menemukan niche?


Sekarang Anda lihat catatan Anda.

Tambahkan diagram sederhana seperti ini di sana.
Diagram memilih niche
Setelah Anda buat, masukkan semua yang telah Anda temukan menjadi diagram.

...letakkan sesuai dengan keinginan hati Anda.

Setelah selesai.

Catat setiap niche dalam kertas lain lengkap dengan skornya di diagram.
Misal niche tentang kerajinan plastik, (30, 60), kerajinan kertas, (70,80)

Lalu jika sudah, kelompokkan niche-niche yang berdekatan.

Contoh, jika Anda memiliki catatan:

  • Baju,
  • Celana,
  • Internet
  • Lagu,
  • Mp3,
  • Main gitar,
  • Facebook,
  • Twitter

Kelompokkan menjadi...

  • Kelompok pakaian: Baju, Celana
  • Kelompok internet: Internet, Facebook, Twitter
  • Kelompok seni: Lagu, Mp3, Main gitar

Carilah nilai rata-rata kemampuan dan ketertarikan tiap kelompok. Kelompok dengan rata-rata tertinggi (kemampuan dan ketertarikan) adalah calon niche terkuat Anda.

Sebagai contoh kita mengambil kelompok pakaian...

Baju memiliki skor (45, 45) dan Celana memiliki skor (32, 53) maka Anda dapat menuliskan rata-ratanya (61, 71.5)

Dan untuk memastikan pilihan Anda benar... Jumlah rata-ratanya, jumlahkan skor rata-rata kemampuan dan ketertarikan.

Jika kita mengambil kelompok pakaian maka skor terakhirnya adalah 61+71.5= 132.5

Yayy! Anda telah menemukan kandidat terkuat niche Anda.

Saran dari saya...

Sempitkan cakupan niche(kelompok) yang terlalu luas dan luaskan niche yang terlalu sempit.

Contoh niche yang "terlalu" luas adalah kerajinan, kerajinan bisa kita disempitkan menjadi kerajinan dari kertas.

...dan niche yang "telalu" sempit adalah kreasi jendela, kita bisa meluaskan ini menjadi kerajinan kayu.

Faktor yang menentukan luas sempitnya sebuah niche adalah banyak tidaknya subniche yang bisa dibuat (normalnya = 6)

Jika kita kembali ke contoh, pakaian adalah niche dan baju adalah subniche.

Tapi apakah baju bisa dijadikan niche? Bisa. Baju kan banyak jenisnya.

Cara menentukan niche


Ya, setelah Anda menemukan kandidat terkuat untuk niche blog Anda...

Sekarang adalah tahap terakhir yang paling mendebarkan.

Mengamati persaingan di SERP dan kemampuan para pesaing. :)

Anda bisa mencari di google seberapa berat persaingan di niche yang Anda temukan tadi dengan menggunakan kata kunci blog tentang [topik]

Contoh:

cara menentukan niche adsense
Blog dengan kerajinan flannel
niche blog adsense bayaran tinggi
Blog tentang kerajinan

Setelah melihat itu kira-kira kuat tidak bersaing dengan mereka? Coba kunjungi salah satu konten mereka untuk melihat seberapa besar kemampuan mereka.

Hmm... Bagaimana sanggup?

Sekarang coba tuliskan 10 judul di niche yang telah Anda pilih.

Jika bisa, sekarang tinggal Anda mau lanjut dengan niche itu atau tidak.

Hmm, untuk mengecek seberapa besar sokongan mereka coba menggunakan Majestic.

Dengan menggunakan Majestic Anda bisa menguak apa bumbu rahasia mereka, ya backlink berkualitas mereka.

Oke semangat!


Itu tadi adalah tips-tips mencari, menemukan, dan menentukan niche blog dari saya untuk blog milik Anda.

Tetapah konsisten dengan niche Anda.

Jika niat Anda untuk cari uang,

...jujur niche apapun pasti bisa dimonetisasi.

Jangan terpengaruh omongan orang lain.

Be your self... Make you different with others.

Kembali ke cara membuat blog?

Eitsss... Jangan langsung pergi. Tolong bagikan konten ini dulu dong ke sosmed. ;)

Terima kasih.

30 komentar

Pas banget lagi cari saran buat niche blog.baru

Izin bookmar gan :)

mantab gan ahirnya saya menemukan artikel yang saya cari cari, jadi tau ane thx gan

wah materi di sajikan secara rapih mantap..
saya juga lagi menentukan niche blog yg pas. thanks

Sama-sama mas. :)
Sebuah kebanggaan dapat memecahkan masalahnya mas.

Terima kasih mas, sama-sama.
Semoga cepat mendapatkan niche yang tepat untuk blognya mas, dan berbagi dengan yang ada di sini. :)

trima kasih kebetulan mau bikin blog

Sama-sama mas.. :)
Semoga tau mau milih niche apa sekarang.

Teknik ini sudah saya terapkan di blog saya sebelumnya hehe, niche yang saya pakai adalah belajar SEO, btw artikelnya lengkap bisa jadi panduan buat pemula kyak ane hehehe

Terima kasih atas sanjungannya. :)
Semoga blognya mas berjalan sesuai harapan.

terimakasih infonya gan
bisa buat pembelajaran sesama blogger hehe :)

Sama-sama mas. :)
Terima kasih atas sanjungannya.

Kalau saya sih minatnya di visual, tapi enakan serius di sekolah

Oke deh. Semangat!
Jangan dengarkan kata orang lain.
Jadi dirimu sendiri. :)

Akhirnya saya telah menemukan niche yang bagus setelah membaca artikel ini, makasih min :v

Niche itu sangat penting ya gan kalo kita mau sukses dari blog :)

Iy mas.
Supaya kita punya spesifikasi.
Blog kita itu termasuk blog apa, jadi kita juga mudah mencari audience yang tepat. :)

klo saya lebih mengutamakan niche tentang tips blogger saja

Wah. Niche tips ngeblog ya, moga-moga sukses ya mas. :)

Kalau saya sih sesuai pengetahuan saya :D

Pas banget buat blog ku karena masih baru :) Terimakasih artikel nya mas :)

Ini yang di cari akhir nya nemu juga ..
makasih gann :)

Bagus banget den, jelas terperinci..

Baru denger kata niche, maklum ane masih baru dalam dunia blog. Makasih gan infonya bermanfaat

Ayo komentar.... :) Bagikan pengalaman Anda!
EmoticonEmoticon