23/07/2016

SEO Off Page: Langkah Meraih Traffic dan Popularitas

SEO off page
Anda ingin situs Anda populer?

Atau, Anda ingin situs Anda jadi yang terbaik di Search Engine?

Saya rasa semua orang selain Anda juga menginginkan hal yang sama, apalagi blogger.

Blogger pasti sangat ingin melihat dan merasakan popularitas.

Namun sayangnya untuk blog-blog baru, meraih itu sulit, apalagi jika hanya mengandalkan SEO on page.

Lebih-lebih jika kata kunci dengan tingkat persaingan yang tinggi yang dipilih, pasti banyak saingannya.

Satu-satunya keputusan yang tepat, yang dapat dilakukan oleh blogger baru tersebut adalah belajar dan menerapkan SEO off page.

Tujuan kita menerapkan SEO off page adalah untuk traffic dan sokongan dari luar.

SEO off page.....


SEO off page itu cara pendistribusian konten ke pembaca.

Jadi, kalau ingin melakukan SEO off page yang benar maka langkah-langkah yang harus Anda lalui adalah

1. Ketahui siapa target Anda


Seharusnya dari awal membuat blog sudah tau siapa audience Anda; siapa yang akan kita bantu dengan produk, layanan, atau konten kita.

Hmm. Sebelum melakukan kesalahan lagi ada baiknya Anda menentukan siapa target Anda.

Karena target ini memengaruhi kepada siapakah Anda membagikan konten Anda, bagaimana cara Anda membagikan konten itu, di tempat mana yang biasanya mereka selalu ada, atau jam berapa mereka biasanya menghabiskan waktunya di depan layar.

2. Pelajari target dan pesaing Anda


Lalu Anda harus mempelajari target Anda serta pesaing-pesaing Anda.

Apa yang harus Anda pelajari dari target Anda?

  1. Di tempat manakah mereka biasanya nongkrong,
  2. Kapankah mereka biasanya nongkrong,
  3. Apa masalah terbesar yang dihadapi mereka,
  4. Bagaimanakah pandangan mereka mengenai konten pesaing.

Setelah Anda mempelajari target Anda lalu pelajari pesaing Anda.

Apa yang harus Anda pelajari?

  1. Konten apa saja yang telah mereka buat,
  2. Seperti apa konten mereka,
  3. Bagaimana cara mereka mendapatkan target Anda.

3. Buat konten yang lebih bagus dari pesaing Anda untuk target Anda


Nah. Ketika Anda sudah tau siapa target dan pesaing Anda, kini saatnya membuat konten Anda sendiri.

Buatlah konten paling dibutuhkan audience di niche Anda.

Untuk tahap ini saya sudah mempunyai panduan mencuri konten terbaik dari pesaing atau panduan membuat konten viral.

Hmm. Ketika Anda membuat konten Anda itu, jangan lupa memerhatikan SEO on page-nya supaya sedikit meringankan kerja di SEO off page.

4. Kirim paket konten untuk target Anda


Nah, setelah Anda membuat sebuah konten yang "WOW", kini saatnya mempromosikan konten tersebut.

Tahap ini adalah inti dari SEO off page. Jika Anda berhasil mendapatkan traffic yang besar Anda berhasil.

Promosikan konten Anda ke berbagai media sudah saya tuliskan di konten Panduan promosi konten ke berbagai media.

Walau pun jumlah share sosial media bukan menjadi faktor sebuah konten ada di halaman satu, namun share mempengaruhi tingginya traffic.

Sebenarnya SEO off page adalah tentang bagaimana cara Anda melakukan link building namun terkadang kita dibuat susah dengan tempat mana yang tepat untuk mendapatkan itu.

5. Bagikan konten Anda secara "cuma-cuma" ke pesaing


Nah... Tahap terakhir.

Coba bagikan kepada pesaing Anda, tanyakan bagaimana pendapat mereka.

Anda harus melupakan mental-mental seorang blogger pemula jika ingin sukses di dunia blogging.

Caranya bagaimana?

  1. Anda bisa mengirimkan e-mail kepada mereka,
  2. Anda bisa meng-inbox facebook mereka,
  3. Anda bisa mengirim private chat kepada mereka,
  4. Dan cara-cara private lainnya

Kenapa harus bersifat mengirimkan "surat" pribadi?

  1. Agar terlihat dari hati ke hati,
  2. Agar tidak seperti spam,
  3. Agar dia lebih memperhatikan,
  4. Agar terlihat profesional dan tidak main-main.

Q&A


Apakah dengan melakukan SEO off page saja blog bisa dapat traffic besar?

Iya. Namun traffic itu sementara.

Anda tetap memerlukan SEO on page karena SEO on page adalah cara Anda pamer di dunia internet.

Coba baca konten saya SEO on page vs SEO off page, penting yang mana? Anda akan tau jawaban lengkapnya.

Semangat!


Upaya pengoptimalan search engine yang dapat lakukan cuma 2, SEO on page dan SEO off page.

Optimalkan 2 faktor itu maka yang lain akan mengikutinya.

Perlu Anda tau, ada kurang lebih 200 poin agar sebuah halaman tampil di halaman pertama (Google Search Engine)

WOW! bukan?

Jika Anda memiliki pertanyaan atau pernyataan mengenai konten ini, silakan utarakan melalui kolom komentar di bawah.

Tapi jika tidak ingin, cukup bagikan konten ini ke sosmed Anda. ;)

Terima kasih.

17 komentar

Nambah wawasan gan makasih

sekarang saya mengerti apa itu seo thanks gan

Wah nambah wawasan saya mas thanks infonya bermanfaat sekali

cukupmsusah juga ya dapat trafic dan pringkat teratas

Ane gak pala ngerti tentang SEO gitu gan :-D
maklum newbie :-D

waduhh... ribet banget yah... :3

baru tau ane maksud dari SEO.
thanks gan atas infonya

Ternyata Seo off page juga nggak kalah mantep dari Seo on page.

paling susah bikin artikel yang berkualitas gan, but thanks for this article

Kalau belum bisa membuat konten berkualitas sendiri, mbak bisa nyoba mencuri konten berkualitas dari saingannya mbak. Panduannya ada di sini http://pedomane.blogspot.com/2016/06/mencuri-konten.html

nice article, yang terpenting juga keywordnya

Bener banget mas...
Tapi keyword itu lebih condong ke SEO on page. (o)

Saya seneng baca artikel yang ini.

Terutama kata-kata:

"Anda harus melupakan mental-mental seorang blogger pemula jika ingin sukses di dunia blogging."

Sebagai blogger, sudah selayaknya kita membangun hubungan dengan 'pesaing'.

Karena dengan begitu kita membuktikan bahwa kita blogger profesional yang menepiskan egoisme.



Terima kasih mas.... cheer

ntapss gan jadi tau SEO itu apa

Ayo komentar.... :) Bagikan pengalaman Anda!
EmoticonEmoticon